Bupati Brebes Resmi Buka Kegiatan TMMD di Desa Cilibur

  • Aug 25, 2022
  • Alibasya

Cilibur.desa.id | Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti SE.MH secara resmi membuka pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap II Selasa 26 Juli 2022 di Lapangan Tribrata Desa Cilibur Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya; Ketua DPRD Brebes Taufik S.Sn, Kapolres Brebes yang diwakili Kapolsek Paguyangan Iptu Kasam, Kajari Brebes yang diwakili Imam Suryaman SH, Ketua Pengadilan Agama Brebes yang diwakili Drs. Ishak, Ketua Dekranasda Brebes Dr. Drs. H. Warsidin SH, para kepala OPD Brebes, Kadispermades Brebes Subagyo, Camat Paguyangan Drs. Husni Pramono Ap.Sni, Kades Cilibur Nurohman SH, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cab XXIII Dim 0713 Brebes Ny. Pangestuti Tentrem Basuki, Linmas Cilibur, segenap Ormas (RAPI, Banser, Kokam, Pemuda Pancasila, dan FKPPI), Mahasiswa KKN, Karang Taruna Cilibur, serta para pelajar SMA dan SLTP. 

Cilibur kembali terpilih sebagai Desa yang menerima manfaat program TMMD Sengkuyung dari seluruh tanah air. Program pembangunan infrastruktur dan SDM masyarakat yang dilakukan secara lintas sektoral ini, disambut hangat oleh Pemdes Cilibur dan utamanya warga setempat karena sasaran fisiknya berupa peningkatan akses jalan makadam sepanjang 1.015 meter lebar 3 meter yang dilengkapi dengan sarana pendukungnya yakni drainase 84 meter lebar 1 meter, talud 130 meter dengan tinggi 0,75-4 meter, 1 unit jembatan panjang 4 meter lebar 5 meter, dan plat duicker 6 meter lebar 1,5 meter. 

Sebagai sasaran fisik tambahan yaitu rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) sebanyak 5 unit dan untuk sasaran non fisik berupa penyuluhan wawasan kebangsaan dan beragam penyuluhan yakni ideologi Pancasila, pengobatan ternak, hukum, narkoba dan undang undang berlalu-lintas, keagamaan, serta pendidikan politik.

Kemudian ada sosialisasi pengolahan sampah rumah tangga dan bak sampah, sosialisasi undang-undang perkawinan nomor 1 tahun 1974, sosialisasi bencana dari pihak BPBD Brebes, serta edukasi dari Dinkominfotik Brebes tentang cukai melalui pemutaran film.

Sementara untuk pelayanan langsung meliputi rekam KTP elektronik, pembuatan akte kelahiran dan kematian dari Dindukcapil, KB gratis dari DP3KB Brebes, serta pelayanan kesehatan dari Dinkes. Hal ini jelas akan menjadi akses mempermudah kegiatan perekonomian masyarakat Desa Cilibur.