Digitalisasi Ekonomi, Mahasiswi KKN Unsoed Dorong Kemajuan UMKM dengan Sosialisasi Penggunaan QRIS

  • Aug 03, 2023
  • Ahmad Sadili

QRIS adalah Quick Response Code Indonesian Standard merupakan standar kode QR Nasional untuk memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019.

 

Pelaksanaan salah satu program kerja pada bidang ekonomi yaitu mensosialisasikan penggunaan QRIS untuk UMKM di Desa Cilibur, Kecamatan Paguyangan, Kab. Brebes.  Pada sosialisasi yang diadakan tanggal 16 Juli 2023 menjelaskan pentingnya menyediakan banyak metode pembayaran pada UMKM untuk mempermudah customer membayar barang yang telah dibeli. Contohnya yaitu penggunaan QRIS untuk transaksi, pembayaran metode ini sangat memudahkan pelaku UMKM karena customer hanya men-scan barcode yang disediakan. Banyak manfaat dalam penggunaan QRIS sebagai metode pembayaran, yaitu meningkatkan potensi penjualan karena mempermudah proses pembayaran, sangat mudah digunakan karena tanpa harus membawa uang cash, transaksi tercatat secara otomatis dan meminimalisir adanya kecurangan.

 

Setelah melakukan sosialisasi penggunaan QRIS kemudian kami melakukan pendampingan pada salah satu UMKM di desa Cilibur yang dimiliki oleh Ibu Nisa mulai dari mendaftarkan dengan pengisian form, upload file dokumen diri  sampai mendapatkan NMID terhitung semenjak data diterima lengkap dan pemilik UMKM memiliki akun QRIS. Barcode QRIS akan dikirimkan pada email pemilik UMKM terhitung 17 hari setelah kami melakukan pendaftaran akun QRIS pada tanggal 29 Juli 2023. Pendampingan yang kami lakukan ini  mendapat reaksi yang baik oleh Ibu Nisa yang akan digunakan pada transaksi jual-beli.